Seminar Tertib Lalu Lintas Polres Salatiga

POLRES SALATIGA. Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat dibidang kamseltibcar lantas dan Polantas guna sebagai penggerak Revolusi Mental dan Pelopor Tertib Sosial di ruang Publik, guna mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat Polres Salatiga melaksanakan Seminar Nasional ketertiban dan keselamatan berlalu lintas dijalan raya yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 April 2015 dengan Tema MEWUJUDKAN POLISI SEBAGAI PENGGERAK REVOLUSI MENTAL DAN PELOPOR TERTIB SOSIAL DI RUANG PUBLIK GUNA MENINGKATKAN KESADARAN DAN KEPATUHAN HUKUM MASYARAKAT DIBIDANG KAMSELTIBCAR LANTAS.

Pada seminar yang dibuka oleh Kapolres Salatiga AKBP Ribut Hari Wibowo tersebut turut mengahadirkan narasumber AKBP INDRA DARMAWAN IRIANTO,S.Ik. ( Pakar lalulintas / Kapolres Grobogan ), DJOKO SETIJOWARNO ( Pakar transportasi Unika Soegijapranata ), SRI ARYANI KRISTIANINGSIH M.Si.P.si ( Dosen Psikologi UKSW Salatiga ).

Pada Sambutannya Kapolres Salatiga mengatakan Perlunya perubahan pola pikir para petugas Polri (to change the mindset of police officer) secara berkesinambungan agar Polri dapat mengatasi tantangan masa depan seiring dengan arus globalisasi dan demokratisasi. Salah satu Nawa cita Presiden RI adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra Terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim. Dari salah satu Nawa cita Presiden RI ini dijabarkan dalam 8 (delapan) program Quick Wins yang menjadi tugas unggulan pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, dimana Korlantas Polri menjabarkan point ke-6 (enam) yaitu Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik dan point ke-8 (delapan) yaitu mewujudkan pelayanan publik yang bebas korupsi melalui teknologi infomasi yang transparan.

Seminar LL salatiga 7Suasana seminar tertib lalu lintas Polres Salatiga

Selanjutnya Seminar yang dihadiri berbagai elemen masyarakat, perwakilan pelajar se-Kota Salatiga, dan Mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Tengah tersebut menampilkan narasumber Djoko Setijowarno yang merupakan pakar transportasi Unika Soegijapranata Semarang. Dalam pandangannya Djoko Setijowarno mengatakan keberadaan sarana transportasi umum yang memadai diyakini mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Tak hanya itu, penggunaan sarana transportasi umum secara massal dapat mengurangi kemacetan serta berandil dalam penghematan energi. Selain itu pentingnya figur kepala daerah yang peduli terhadap pembangunan sarana trasportasi umum, Peran seorang kepala daerah sangat menentukan dalam penyediaan transportasi umum yang layak dan nyaman bagi masyarakat. Karena itu, penting bagi warga masyarakat untuk mengetahui konsep para calon kepala daerah terkait pembangunan transportasi umum.

Seminar LL salatigaKapolres Salatiga Berbincang-bincang dengan Nara Sumber

Selain Djoko Setijowarno, seminar yang berlangsung di pendopo mapolres tersebut menghadirkan dua pembicara lain, yakni dosen Psikologi UKSW, SA Kristianingsih dosen dan Kapolres Grobogan, AKBP Indra Darmawan. Berdasarkan tinjauan psikologis, dikatakan Kristianingsih, menciptakan kepatuhan para pengguna jalan perlu dilakukan internalisasi peraturan. Proses internalisasi tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni modeling (memberi contoh), pembiasaan, penegakan aturan dan memberikan motivasi. Menurut Kristianingsih Ketika internalisasi tersebut berhasil, maka dalam diri seseorang akan timbul perasaan tidak nyaman saat melanggar peraturan. Pemahaman terhadap aturan lalu lintas lebihlanjut dikatakannya menjadi poin penting dalam menciptakan masyarakat yang tertib dalam berkendara.Namun faktanya, masih banyak para pengguna jalan yang belum memahami sepenuhnya terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku. dan Ini menunjukkan sosialisasi tentang peraturan lalu lintas perlu lebih digencarkan lagi.

Seminar LL salatiga. 2

AKBP INDRA DARMAWAN IRIANTO,S.Ik. ( Pakar lalulintas / Kapolres Grobogan )

Sebagai pembicara terakhir, Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan mengatakan pentingnya komunikasi antarsektor dalam mengurai permasalahan lalu lintas angkutan jalan (LLAJ). “Dibutuhkan penangangan yang terintegrasi antarsistem maupun pemangku kepentingan,” kata Indra.

Menurutnya, setidaknya ada tiga permasalahan utama terkait lalu lintas angkutan jalan, yakni infrastruktur jalan yang kurang memadai, volume kendaraan yang tak terkendali serta rendahnya kedisiplinan pengguna jalan.

“Ketiga permasalahan tersebut masing-masing memiliki banyak sekali turunannya. Karena itu, untuk mengurai persoalan di jalan raya membutuhkan kersajama banyak pihak yang terkait,” kata Indra.

Polri sebagai salah satu pemangku kepentingan telah melakukan sejumlah upaya, antara lain pembenahan manajemen LLAJ kepolisian serta melakukan kerjasama dengan kepolisian luar negeri terkait traffic policing.

Sumber :  http://polressalatiga.com/id/2015/04/21/seminar-tertib-lalu-lintas-sebagai-revolusi-mental-dibidang-kamseltibcar-lantas/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s