Polres Salatiga berhasil mengamankan 4 tersangka sindikat pemalsuan STNK antar provinsi.

Polres Salatiga berhasil mengamankan 4 tersangka sindikat pemalsuan Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK) antar provinsi. keempat tersangka itu antara lain Setyawan Adi, warga Ngentak, Salatiga ; Mawas Yudono, warga Surabaya; Ari Setyawan, warga Kartasura, Sukoharjo dan Agung Winarno, warga Surabaya.

Dari Hasil pemeriksaan, diketahui sindikat pemalsu mengakui telah membuat sekitar 400 surat-surat mobil dan diedarkan di wilayah Polda Metro Jaya, Jawa Timur, Kalimantan, Jawa Tengah, hingga Indonesia Timur. Dari Data yang dihimpun, mereka mematok harga Rp 2,5 juta untuk penerbitan satu STNK. Sedangkan apabila dalam satu paket yakni BPKB dan STNK dihargai Rp 4 juta.

yang dilakukan sat Reskrim polres salatiga, sebanyak 355 STNK mobil palsu dan 24 mobil berhasil disita diantaranya jenis Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, Daihatsu Gran Max, Isuzu Panther, Suzuki Vitara, dan Suzuki Swift.Selain mobil dan beberapa dokumen tersebut, Pores Salatiga juga mengamankan berbagai barang bukti termasuk ratusan stempel palsu bertuliskan sejumlah pejabat Polres dan Polda di seluruh Indonesia.

digunakan para pelaku sangat profesional mengingat pemalsuan surat-surat kendaraan tersebut dibuat mulai dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Faktur, STNK, BPKB hingga berkas-berkas lainnya seperti surat pengiriman barang lintas pulau yang dikeluarkan oleh Bea Cukai.

Pengungkapan kasus ini  berawal dari pengungkapan kasus narkoba yang melibatkan seseorang dengan menggunakan mobil yang dicurigai bersurat palsu di Salatiga. Setelah dilakukan pengembangan, dari pelaku yang bernama Setyawan Adi alias Wawan, ketiga tersangka lain berhasil ditangkap berikut barang bukti dari sejumlah wilayah di Magelang dan Surabaya.

Kapolres Salatiga AKBP Ribut Hari Wibowo mengatakan akan terus mengembangkan kasus ini karena sudah ratusan surat palsu yang tersebar di berbagai daerah. Tidak menutup kemungkinan, barang bukti berupa ratusan unit mobil dan surat-surat palsunya akan segera kami sita. Selain itu, ada kemungkinan jumlah tersangka juga akan bertambah.

Atas kejadian ini, Kapolres Salatiga menghimbau bagi warga di berbagai daerah yang merasa kehilangan mobil dapat menghubungi Polres Salatiga.

Salatiga3

Salatiga2

Sumber : http://polressalatiga.com/id/2015/01/08/polres-salatiga-ungkap-sindikat-pemalsuan-stnk-antar-provinsi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s